Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Lhokseumawe, Jumat (30/1) menyurati seluruh pedagang apel di kota tersebut.

Hal ini dilakukan untuk meminta dihentikannya penjualan apel impor dari Amerika Serikat Granny Smith dan Gala, yang diduga kuat mengandung bakteri listeri monocytognes yang bisa mengakibatkan kematian.
“Kita sudah surati semua pedagang untuk menghentikan penjualan dua jenis apel impor asal Amerika Serikat itu. Kita minta, pedagang mematuhi larangan tersebut. Larangan juga untuk kebaikan masyarakat,” kata Kepala Disperindag Lhokseumawe, Halimuddin, kepada Aktual.co, Jumat (30/1).

Pihaknya menemui sejumlah pedagang yang masih menjual dua jenis apel berbakteri tersebut. Untuk itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan razia terhadap semua pedagang apel impor.

“Kita surati dulu, agar pedagang tidak kaget. Setelah itu baru kita razia. Kita juga sudah beritahukan kepada seluruh kepala desa tentang larangan mengkonsumsi dua jenis apel impor itu,” ujar Halimuddin.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perdagangan RI meminta importir menghentikan impor dua jenis apel impor dari Amerika Serikat. Kedua jenis apel itu mengandung bakteri yang bisa mematikan manusia.

Halaman ini Sudah dilihat Sebanyak
190 Kali